Peperangan Rohani

spiritual-warfare_edited-1

8 April 2014

Ps. Lukas Sutikno Wijaya

Efesus 6:10-19

Hidup kita ini, mau tidak mau tidak sekedar agama. Alkitab mengatakan bahwa kita ini manusia roh dan roh kita tidak kelihatan, sebab kita sekarang berada di dimensi lain yaitu dimensi dunia, tetapi percayalah bahwa itu ada. Contohnya adalah Tuhan Yesus yang merupakan Roh, Dia sudah memakai tubuh kemulian-Nya yaitu manusia Roh, oleh sebab itu Dia tidak kelihatan sebab kita berada di dimensi dunia. Tuhan Yesus dapat menampakkan diri-Nya kepada kita jika Dia berkenan untuk menampakkan diri.

Dalam berdoa, seperti di Efesus 6, ada yang namanya otoritas illahi yang bekerja melalui manusia roh kita dan hari-hari ini adalah hari-hari di mana Tuhan akan menggenapkan apa yang tertulis di kitab Yoel. Apa yang tertulis di kitab Yoel 2 akan digenapi, sebab hari-hari ini adalah hari-hari terakhir di mana Tuhan sudah akan datang. Bahkan akan terjadi kejadian-kejadian seperti jaman nabi-nabi dahulu dan semuanya untuk kemuliaan nama Tuhan.

Yoel 2:28-32

Beberapa waktu yang lalu pak Lukas kehilangan dompet pada saat berada di warung internet. Saat pak Lukas sadar, maka dia meminta kepada Tuhan agar ditunjukkan siapa yang mengambil dompet tersebut, tetapi Tuhan mengajar hal yang lain. Tuhan mengajarkan agar pak Lukas berdoa menggunakan otoritas yang diberikan Tuhan kepada kita untuk melakukan peperangan dengan memerintahkan para malaikat untuk berperang bagi kita. Setelah pak Lukas melakukan hal tersebut, Roh Kudus berbicara agar tenang dan dompet pasti akan kembali. Selang beberapa hari, tiba-tiba ada orang yang telepon pak Lukas dan mengatakan bahwa dia menemukan dompet yang hilang tersebut tanpa ada surat-surat yang hilang, yang hilang hanya uang saja. Oleh karena itu, kita harus belajar untuk menggunakan otoritas yang Tuhan berikan kepada kita, sebab dalam kitab Yoel dituliskan bahwa Tuhan akan mencurahkan Roh-Nya atas semua manusia. Saat Roh Tuhan turun atas kita, maka kita akan memiliki otoritas.

Apa yang tertulis bahwa matahari akan menjadi gelap dan bulan menjadi merah seperti darah akan terjadi dan akan kita alami di tahun 2014 dan 2015. Ini artinya waktu kedatangan Tuhan sudah sangat singkat. Oleh karena itu, saat banyak orang bersaksi mengalami berbagai macam mujizat, hal tersebut bukan merupakan sesuatu hal yang aneh, sebab semua itu harus digenapi untuk kemuliaan nama Tuhan. Saat ini sudah detik-detik terakhir waktu peperangan terakhir di muka bumi ini, akan ada yang namanya pengangkatan dan waktunya tidak ada yang tahu. Mari kita sadar, bahwa kita hidup maka kita perlu mengenakan perlengkapan senjata Allah, dan di saat kita mengenakannya maka yang akan memakainya adalah manusia roh kita. Peperangan kita bukan melawan darah dan daging tetapi melawan penghulu-penghulu di udara, pemerintah-pemerintah dan roh-roh jahat. Seperti kasus dompet pak Lukas yang hilang tadi, yang ambil dompet tersebut sudah pasti ada orang biasa, tetapi di baliknya ada yang namanya roh-roh jahat yang berupa pikiran-pikiran jahat, dan roh-roh jahat inilah yang harus diperangi, bukan manusianya. Ketika kita perangi rohnya, minta dompet dikembalikan, maka hal itu yang akan terjadi.

Oleh karena itu pada saat kita menginjil kita juga perlu melakukan peperangan rohani. Sehingga nanti pada saat Tuhan tanpa tentang apa yang sudah kita perbuat, kita dapat menjawab bahwa kita sudah menyelesaikan bagian kita yaitu dengan memberikan yang namanya jiwa-jiwa bagi Tuhan, sebab Tuhan sangat suka jika ada jiwa-jiwa yang diselamatkan. Saat kita menginjil, tidak semudah membalikkan telapak tangan, sebab dibalik orang yang akan kita injili terdapat roh-roh yang mengikat dan roh-roh tersebut tidak ingin jiwa orang tersebut diselamatkan. Bahkan orang Kristen pun jika hubungan dengan Tuhan tidak baik, akan sangat mudah untuk ditunggangi roh jahat. Oleh sebab itu, kadang-kadang di dalam pikiran terlintas berbagai macam pikiran negatif dan itu asalnya dari iblis. Kita tidak akan dapat melihat mereka sebab kita berbeda alam, tetapi apabila Tuhan berkehendak maka kita akan dapat melihat. Cara kerja iblis adalah melalui bisikan-bisikan negatif di pikiran kita, sehingga apa bila kita merasa marah/jengkel dan sebagainya maka iblis akan memiliki pijakan untuk masuk ke dalam hidup kita. Oleh karena itu kita harus meminta agar Tuhan kita diberikan perlengkapan senjata Allah setiap hari, karena sadar atau tidak, hidup kita ini berada di dalam peperangan rohani setiap hari. Belajarlah agar hidup kita ini tidak berkompromi dalam hal dosa, sebab pada saat kita kompromi maka setan akan dengan mudah akan meminta pijakan dalam hidup kita. Hari-hari ini adalah hari-hari yang gawat, sebab kadang kita bertemu orang-orang yang merupakan utusan setan yang bertugas menghacurkan hidup kita dan menyesatkan anak-anak Tuhan. Tujuan mereka adalah untuk menghancurkan gereja, bukan hanya gereja dalam bentuk organisasi/bangunan tetapi hingga diri kita ini, karena diri kita ini adalah baitnya Tuhan. Ada orang yang masuk gereja setan dan dipakai setan hingga menjadi mempelainya Lucifer dan mereka memakai orang ini untuk masuk ke gereja-gereja dengan tujuan untuk menyerang hamba-hamba Tuhan dan membuat mereka lepas dari Tuhan. Hidup kita kalau tidak diperlengkapi dengan perlengkapan senjata Allah, maka hidup kita akan kacau, kita akan diserang dengan pikiran-pikiran negatif, rasa marah, dan lain-lain. Oleh karena itu kita perlu hidup intim dengan Tuhan, maka otomatis pada saat setan menyerang, roh kita akan melakukan peperangan rohani.

Hidup kita sebagai anak-anak Tuhan harus gencar memberitakan Injil, karena siapa lagi yang memberitakan kepada orang-orang agar jiwa mereka diselamatkan kecuali oleh kita-kita ini. Saat kita menjangkau jiwa-jiwa maka secara otomatis semua otoritas dan semua perlengkapan illahi akan kita terima. Saat kita menginjil, kita harus belajar tanya kepada Tuhan tentang roh apa yang mengikat orang yang akan kita injili. Ketika kita bertanya pada Tuhan, maka kita akan tahu roh apa yang mengikat orang tersebut, sebab dalam Alkitab dituliskan bagaimana mungkin kita menjarah rumah seseorang tanpa mengikat orang yang paling kuat di rumah tersebut terlebih dahulu.

Mari kita di setiap kesempatan dan di setiap tempat kita belajar untuk melakukan peperangan rohani. Luangkan waktu lima sampai sepuluh menit untuk kita berdoa keliling untuk kantor kita maupun lingkungan rumah kita agar dicurahkan perlindungan darah Yesus dan roh pertobatan. Perkatakan:

  1. Minta pada Tuhan agar setiap kuasa-kuasa kegelapan diikat di dalam nama Tuhan Yesus;
  2. Minta pada Tuhan agar mencurahkan roh pertobatan dan pengenalan akan Tuhan Yesus. Minta agar Tuhan lawat sampai semuanya terjadi.

Saat kita mau dan taat melakukan hal ini maka level hidup kita akan dibawa Tuhan semakin naik. Saat-saat ini juga setan mengirimkan juga pasukannya untuk menyerang keluarga-keluarga, oleh karena itu kita perlu juga mengurapi setiap rumah, setiap pintu dan pagar agar dilindungi dengan darah Tuhan Yesus, sebab setan saat-saat ini sangat gencar hendak menghancurkan hidup kita.

Manado merupakan kantung Kristen di Indonesia, tetapi kenapa banyak perzinahan, mabuk-mabukan, lesbian/gay, dan lain-lain? Bahkan Manado menjadi pusat gereja setan di Indonesia. Oleh karena itu di mana kita ini ditaruh Tuhan, yaitu di Manado, maka kita perlu berdoa untuk kesejahteraan kota ini.

Hari-hari ini bukan waktunya santai-santai, jika kita memiliki keluarga yang belum bertobat, maka kita harus belajar berdoa mengklaim jiwa-jiwa agar diberikan roh pertobatan dengan memperkatakan bahwa: “Firman Tuhan mengatakan bahwa satu orang diselamatkan, maka seisi rumah diselamatkan”. Sebab setan itu menggunakan legalitas sesuai dengan yang tetulis di Alkitab untuk menuntut pijakan dalam hidup manusia, maka dengan tahu firman Tuhan dan memperkatakannya maka kita memiliki legalitas tersebut.

Sebagai orang Kristen kita jangan membuka celah bagi iblis untuk berpijak, misalnya dengan percaya horoskop, pergi ke dukun atau peramal, dan lain-lain sebab dengan kita percaya maka iblis mempunyai legalitas untuk berpijak pada hidup kita. Di saat kita berkata kepada dukun/peramal: “Tolong ramal diriku”, maka yang terjadi sama saja dengan berkata: “Hidupku menjadi milikmu (iblis)”, kemudian saat si dukun/peramal berkata hal-hal yang akan terjadi dalam hidup kita dan semuanya itu terjadi maka sesungguhnya semuanya itu adalah rekayasa dari iblis. Dan itu semua terjadi tanpa kita sadari. Kenapa banyak anak-anak Tuhan jarang berdoa? Atau jarang baca Alkitab? Itu terjadi karena mereka sedang ditumpangi iblis, sebab realitanya kita selalu berada dalam peperangan rohani. Jika ini yang terjadi, minta pada Tuhan untuk melepaskan setiap ikatan yang mengikat kita. Serukan juga pada iblis: “Iblis, dengar! Aku tidak mau terikat, aku mau lepaskan semua ikatan!”

Coba kita ingat apa yang kita lakukan pada saat detik terakhir yang membuat kita ada jarak dengan Tuhan. Ada kejadian seseorang yang sudah bertobat dan memiliki hubungan yang luar biasa dengan Tuhan, bahkan diberi Tuhan berbagai karunia, tetapi saat dia menghadiri pemakaman neneknya tiba-tiba dia melihat sekelebat bayangan hitam, dan sejak detik itu dia mulai jauh dari Tuhan. Sampai dia merasa frustasi dan ingin bunuh diri. Setelah ditelusuri kenapa setan dapat berpijak pada dirinya, ternyata neneknya yang meninggal adalah penyembah berhala dan saat neneknya meninggal dapat turun kepada keturunannya (kutuk keturunan) dan ini harus dipatahkan di dalam nama Tuhan Yesus.

Setiap celah dapat dimanfaatkan iblis, bahkan saat kita menonton film. Oleh karena itu kita perlu tanya Tuhan apakah boleh menonton film tertentu, sebab Tuhan yang tahu apa yang boleh dan tidak. Sebelum pak Lukas bertobat, setelah menonton film tentang hantu baik, pak Lukas mengucap: “Enak ya kalau ada hantu baik seperti itu”. Keesokan harinya, tiba-tiba ada dua sosok mahluk halus yang melayani pak Lukas. Oleh karena itu, saat diri kita jauh dari Tuhan, kita perlu mengetahui di titik mana kita jatuh dan kemudian dibereskan. Ada yang karena bermain games kemudian setan masuk ke dalam hidup mereka, ada juga yang karena disodori pikiran-pikiran porno dan kemudian merasa nyaman dengan pikiran-pikiran itu sehingga setan masuk dalam hidupnya, dan lain-lain. Saat kita mengalami adanya umpan dari iblis tersebut maka kita harus segera menengking. Iblis masuk dalam hidup seseorang tidak hanya melalui kesurupan, tetapi juga melalui hal-hal yang dijelaskan di atas, bahkan orang Kristen pun juga dapat disusupi saat orang tersebut membuka celah.

Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s